Tanda Tangan Penulis

Dua buku yang saya pesan tiba. Dua hari lalu. Bungkusnya baru saya buka kemarin. Buku pertama karya Linda Christanty berjudul Hikayat Kebo. Buku kedua karangan Eka Kurniawan berjudul Senyap yang Lebih Nyaring. Keduanya diterbitkan Penerbit Circa.

Untuk kesekian kalinya, saya mendapat buku lengkap dengan tanda tangan penulisnya. Senang tentunya. Apalagi mereka adalah para penulis keren.

Tanda tangan Linda Christanty dan Eka Kurniawan. Foto: Sigit Kurniawan

Pada tahun 2006, saya pernah dapat hadiah buku. Lengkap juga dengan tanda tangan penulisnya. Penulis ini penulis istimewa. Karya-karyanya cukup mewarnai hidup saya. Dia, Paulo Coelho, penulis asal Brasil. Namanya kondang dengan novel legendarisnya, The Alchemist.

Novel dengan tanda tangan Coelho itu berjudul The Zahir. Saya dapatkan karena saya terpilih sebagai komentator terbaik atas karya Coelho dalam Gramedia Book Fair. Kala itu di Bentara Budaya Jakarta. Di samping tanda tangan, ditempel stiker autographed copy dari penerbit.

Hampir semua buku Coelho saya baca dan miliki. Dua kutipan Coelho cukup magis bagi saya. Pertama, ia bilang, saat kamu menginginkan sesuatu, seluruh alam semesta akan bersatu membantu. Kedua, seorang dicintai karena ia memang dicintai. Tak ada alasan yang diperlukan untuk mencintai.

Kutipan kedua saya sematkan dalam undangan pernikahan saya dengan Nat. Dan, itu masih berlaku hingga sekarang.

Sama seperti Coelho, saya juga sudah baca dan memilik hampir semua buku-buku Linda Christanty dan Eka Kurniawan. Mereka adalah guru-guru menulis saya. Meski cuma lewat tulisan-tulisannya. Usai saya baca, nanti akan saya ulas satu satu kedua buku ini.

Escribir para siempre, menulis untuk selamanya.

Kota Kasablanka, 26 April 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *