Sigit Kurniawan Jurnalis penyuka soto, filsafat, dan marketing. Menulis buku Perempuan yang Pergi Pagi-Pagi (2018).

Menulis Marketing 2030

55 sec read

Sepanjang tahun 2022, ini merupakan satu buku yang saya turut menulisnya bersama para penulis lainya. Berjudul Marketing 2020: Menuju SDGs, Gen Z, dan Metaverse. Diterbitkan oleh Penerbit Erlangga dan M Corp. Senang berpartisipasi kembali dalam penulisan buku setelah sekian lama absen.

Buku ini diluncurkan di MarkPlus Conference ke-17 yang digelar di Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place, Kamis, 8 Desember 2022 bersama Guru Pemasaran Hermawan Kartajaya dan perwakilan Penerbit Erlangga. Di atas panggung, saya berkesempatan menceritakan secara singkat konten yang saya tulis di buku tersebut.

Secara singkat, buku ini mengusung tiga megatren pada tahun 2023, yakni Sustainable Development Goals (SDGs), Gen Z, dan Metaverse. Para pemasar ditantang untuk mengantisipasi sekaligus menjawab tiga mega tren ini.

Buku ini juga memaparkan konsep 12 C sebagai transformasi sembilan elemen pemasaran yang sudah sekian lama dipopulerkan oleh M Corp. Konsep 12 C terbagi menjadi tiga elemen utama, yakni New Marketing Strategy, New Marketing Tactic, dan New Marketing Value. Masing-masing elemen ditambahi dengan kata OMNI (disingkat O) yang mencerminkan integrasi online dan offline, human dan machine, di era sekarang.

New Marketing Strategy terdiri dari O-Communitization sebagai New Segmentation, O-Confirmation sebagai New Targeting, dan O-Clarification sebagai New Positioning.

New Marketing Tactic terdiri dari O-Codification sebagai New Differentiation, O-Cocreation sebagai New Product, O-Currency sebagai New Pricing, O-Conversation sebagai New Promotion, O-Communal Activation sebagai New Place, dan O-Commercialization sebagai New Selling.

Sedangkan New Marketing Value terdiri dari O-Character sebagai New Brand, O-Care sebagai New Service, dan O-Collaboration sebagai New Process.

Gayung bersambut, buku ini juga akan didiskusikan di Toko Buku Gramedia Matraman, Jakarta Timur, pada 26 Januari 2023. Saya turut hadir dalam diskusi buku ini. Enjoy!

Sigit Kurniawan Jurnalis penyuka soto, filsafat, dan marketing. Menulis buku Perempuan yang Pergi Pagi-Pagi (2018).

Refleksi Atas Anak Bajang Menggiring Angin

Ternyata saya sudah menulis sejak SMA. Saya heran bisa menulis seserius ini meski keseleo sana-sini. Tulisan ini pernah dimuat di majalah AQUILA, majalah terbitan...
Sigit Kurniawan
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *