Blog ini berisi tentang tiga hal utama, yakni kopi, buku, dan film. Kopi mengacu pada hal-hal sepele, tentang peristiwa lalu-lalang di depan mata, termasuk tentang petualangan minum kopi itu sendiri. Buku dan film mengacu pada buku-buku yang pernah saya baca dan film-film yang pernah saya tonton.

Blog ini saya ibaratkan sebagai gudang penyimpanan dan pendokumentasian hal-hal yang menurut saya menarik dan inspiratif. Mereka harus didokumentasikan karena keterbatasan memori saya untuk mengingat. Bila ingin menjumput kembali hal-hal tersebut, saya tinggal membuka blog ini kembali, tentang isi sebuah buku, kutipan seorang penulis, cerita film, refleksi atas peristiwa, dan sebagainya.

Blog ini juga menjadi arena saya untuk terus menulis dan hanya dengan terus menulis, saya menjadi penulis. Blog ini pula setidaknya menolong saya untuk berlatih mengolah kembali gagasan buku yang saya baca atau film yang saya tonton. Selain itu, blog ini mengajari saya untuk berbagi karena menulis pada akhirnya adalah perihal berbagi.

SCRIBOERS merupakan singkatan dari ungkapan Latin, Scribo Ergo Sum yang berarti aku menulis maka aku ada. Saya percaya menulis merupakan sarana untuk mengada. Itu saja.

Salam,

Sigit Kurniawan